Senin, 24 Oktober 2016

INVITA 2016

invita-8-g

INVITA adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh SMP Labschool Jakarta dan diperuntukkan bagi murid-murid kelas 2 SMP. INVITA ini sendiri adalah kependekan dari Industri Visit dan Tafakur Alam. Biasanya, tujuan dari invita ini adalah Solo dan Yogyakarta, namun mungkin kedepannya dapat berubah.

Kegiatan INVITA 2016 dimulai dari tanggal 19-23 Oktober 2016. Pada tanggal 19 malam, kami murid kelas 2 SMP Labschool Jakarta berkumpul di Stasiun Gambir untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta. Kereta yang akan kami gunakan adalah kereta Argo Lawu. Kereta berangkat pada pukul 8 malam dan diperkirakan tiba di Yogyakarta jam 5 di pagi harinya.

Setelah singgah di salah satu rumah makan untuk sarapan dan mandi, destinasi yang kita tuju pertama adalah Sabila Farm. Sabila Farm ini adalah salah satu perkebunan yang berfokus pada buah naga. Namun terdapat buah-buah lain misalnya papaya. Disana kami mendengarkan penjelasan dari pendiri Sabila Farm serta mengitari perkebunan nya. Setelah selesai dari Sabila Farm, kita mengunjungi PT Sritex yang terdapat di kota Solo. Kita berkesempatan untuk mempelajari sejarah dari PT Sritex dan mengunjungi toko tempat banyak baju-baju dari PT Sritex dijual. Stelah makan malam, kami langsung menuju hotel tempat kami menginap, yaitu Hotel Cavinton.

Esok harinya, destinasi pertama yang kami tuju adalah Keraton Jogja yaitu kerajaan di daerah Jogja. Kami berkesempatan untuk mengitari Keraton dan mempelajari tentang sejarahnya. Sampai sekarang, keraton itu masih digunakan dengan baik. Setelah ke Keraton, kita melanjutkan perjalanan kearah selatan Yogyakarta. Kita mengunjungi desa wisata Giri Loyo dimana kita berkesempatan untuk membatik. Setelah itu, kita makan siang di dalam bus.

Setelah membatik, kita mengunjungi Pantai Parangtritis. Disini kita dapat menyewa ATV dan memainkannya selama 20 menit. Disini kita juga dapat menaiki delman ataupun hanya berjalan-jalan di pinggiran pantai. Setelah mengunjungi Pantai Parangtritis kita mengunjungi daerah wisata dan perbelanjaan Malioboro. Disini para siswa dibebaskan untuk mengitari daelah Malioboro sebebasnya namun pada daerah yang sudah ditentukan. Terdapat becak dan delman di daerah Malioboro. Terdapat juga banyaktoko perbelanjaan oleh-oleh yang sangat khas dengan Jogja. Setelah lelah mengitari Malioboro, Kita pun balik ke hotel tempat menginap.

Hari terakhir di Yogyakarta, kami check-out di pagi hari. Setelah itu, pergi ke area gunung merapi. Disana, kami menaiki jeep untuk mengunjungi 3 tempat wisata di Gunung Merapi. Satu jeep berkapasitas 4-5 orang. Tempat pertama yang kami kunjungi dengan jeep adalah museum tempat peninggalan barang dan Rumah yang terkena dampak erupsi gunung di tahun 2010. Terdapat banyak benda-benda yang sudah terlihat rusak dan kacau balau di dalam museum itu.

Setelah museum, kami mengunjungi destinasi wisata batu alien. Batu itu adalah batu berupa bongkahan besar yang jika dilihat-lihat benar terlihat seperti sebuah muka, namun memmang tidak terlihat jelas. Disana kami berfoto-foto dan menikmati pemandangan yang terpambpang indah dengan jelas.

Setelah batu alien, yaitu Banker. Banker adalah tempat yang dulu direncanakan menjadi tempat penyelamatan untuk menghindari erupsi. Namun saat pembangunan, banker ini malah memakan korban jiwa sehingga pembangunan dihentikan dan dibiarkan begitu saja.

Kami mengunjungi Candi Borobudur setelahnya. Tour guide pun menuntun kami mengiari daerah Candi Borobudur. Tour guide itupun menjelaskan sejarah tentang Candi Borobudur. Setalah berjalan-jalan sebentar, Kami diperbolehkan untuk naik ke Candi Borobudur dan diberikan waktu 30 menit. Kami pun memanfaatkan waktu tersebut denngan menaiki Candi Borobudur hingga tingkat yang ke atas.

Destinasi terakhir di kegiatan INVITA 2016 ini adalah pusat perbelanjaan oleh-oleh makanan. Terdapat banyak sekali pilihan makanan yang sangat khas dengan Jogja. Setelah berbelanja di sana, kami melanjutkan perjalanan ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Kereta yang kami gunakan untuk balik adalah kereta Taksaka Malam. Setelah sampai kembali di Stasiun Gambir, selesailah perajlanan INVITA 2016 ini.