Senin, 17 Oktober 2016

Image result for gambar ujian

Pengalaman Mengikuti PTS Pertama di Kelas 8


          Pada hari Senin sampai Jumat, tanggal 3-8 Oktober 2016, diadakan PTS-1 pertama tahun ajaran 2016-2017 SMP Labschool Jakarta. PTS-1 ini menjadi pengalaman pertama bagi anak kelas 7 untuk mengikuti penilaian tengah semester. Di waktu sebelumnya, PTS ini masih di namakan UTS, yaitu Ujian Tengah Semester, namun sekarang telah diganti. Sebelum memulai PTS, siswa-siswi SMP Labschool Jakarta dikumpulkan di hall masjid untuk mengadakan doa bersama

Yang membedakan PTS di SMP Labschool Jakarta ini adalah, para murid dipasangkan dengan siswa lain yang bukan satu angkatan. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kegiatan mencontek maupun kerja sama.

Untuk mengikuti uts, siswa-siswi SMP Labschool Jakarta wajib untuk membawa kartu pelajar. Kartu pelajar ini akan diberikan jika siswa maupun siswa telah menyelesaikan pembayaran administrative yang diperlukan. Jika menghilangkan ataupun tidak membawa kartu ini, peserta PTS diwajibkan untuk datang ke tempat panitia pelaksaan PTS yang terletak di labolatorium biologi untuk mendapatkan surat keterangan. Dalam kartu pelajar ini terdapat nomor peserta yang wajib ditulis di lembar jawaban. Bagi murid kelas 7, kartu pelajarnya berwarna merah, kelas 8 berwarna biru dan kelas 9 berwarna hijau. Pembagian peserta tiap kelas akan ditentukan oleh panitia pelaksana.

Di hari pertama, diadakan PTS untuk Pelajaran Bahasa Indonesia dan Pneidikan Agama serta Budi Pekerti. Penilaian ini dimulai sejak jam setengah 8 pagi. Oleh karena itu, sebelum penilaian dimulai kita diperkenankan untuk mengulang kembali Pelajaran diluar kelas karena ruang kelas yang disegel dan baru dibuka oleh dewan guru. Berbagai macam peraturan ditetapkan pada saat penilaian tengah semester ini. Peraturan yang paling disorot adalah mengerjakan ujian dengan jujur dan tidak menyontek maupun kerja sama
          
         Peraturan ini menjadi perhatian utama oleh pihak guru karena sudah mulai ada yang berani melanggarnya. Akan ditetapkan hukuman untuk pelanggar perauran tersebut. Peraturan lain yang penting adalah memakai perlengkapan seragam sekolah dengan baik. Pada hari senin dan selasa, diwajibkan untuk memakai dasi dan ikat pinggang dan begitu seterusnya sesuai hari-hari lainnya.

Pada hari Selasa, diadakan PTS Matematika dan prakarya. Karena Matematika termasuk Pelajaran yang mengerjakannya membutuhkan waktu yang lama, banyak murid kelas 8 yang mengerjakannya melewati bel pertama. Jarang sekali murid keluar ruangan setelah bel pertama. Setelah penilaian prakarya, siswa-siswi diperbolehkan untuk pulang sesuai waktu yang ditentukan. Pada PTS ini, siswa-siswi dperbolehkan untuk pulang lebih cepat untuk mempersiapkan PTS hari berikutnya.

          Pada hari rabu, dilaksanakan PTS Pelajaran Bahasa Inggris dan PKN. Namun karena Pelajaran PKN lebih banyak hafalannya, banyak siswa-siswi yang mempelajari pkn di pagi hari sebelum Pelajaran Bahasa Inggris. Pada hari kamis, diadakan pts Ilmu Pengetahuan Alam dan Seni bBudaya. Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Pelajaran fisika dan biologi, sementera Pelajaran Seni Budaya terdiri dari seni music dan seni rupa. Menurut saya sendiri, dua Pelajaran ini adalah Pelajaran dengan hafalan yang terbanyak.

          Pada hari jumat, yaitu PTS-1 hari terakhir, yaitu PTS Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Olahraga. Pada hari ini, siswa-siswi mengenakan seragam takwa. Bagi siswi yang beragama Islam, diwajibkan untuk menggunakan bergo maupun hijab. PTS pada hari ini diselesaikan lebih cepat untuk persiapan Shalat Jumat.
          
          Setelah PTS berakhir, nilai-nilai PTS  mulai dibagikan oleh guru masing-masing bidang. Ada yang ditempel, secara lisan, maupun dilihat sendiri. Hal ini agak berbeda dengan PTS sebelumnya karena dulu nilai PTS tidak boleh diberitahukan oleh guru kepada murid. Dan pada hari jumat ini, akan diadakan pembagian rapor sementara kepada pihak orang tua di SMP Labschool Jakarta

1 komentar: